Sabtu, 06 November 2010

TIPS POSTINGAN UNTUK BLOGGER

  • Gaya personal anda.Gunakan gaya anda dalam menulis. Ini akan membuat pembaca anda mengenal seperti apa diri anda. Anda bisa ceritakan pengalaman anda sehari-hari yang memiliki hikmah bagi orang banyak. Saya yakin, pembaca akan menyukainya. Anda tak perlu meniru gaya orang. Saya yakin setiap orang punya gaya menulis yang unik. Gunakan “kata-kata” anda sendiri. Ini akan membuat hubungan anda dengan pembaca blog anda lebih dekat dan akrab.
  • Tempatkan kata kunci (keywords) di tiga tempat (judul, paragraf pertama dan terakhir). Ada tiga tempat yang harus anda isi dengan kata kunci yang banyak dicari pengunjung, yaitu judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir. Karena di ketiga tempat itu, spider atau mesin search engine biasa meng-crawl (mendeteksi) isi sebuah posting. Dengan meletakkan kata kunci utama di ketiga tempat itu, bisa dipastikan posting anda akan berada di urutan yang terdepan dalam hasil pencarian. Sehingga pengunjung akan mudah mengalir menuju blog anda.
  • Potong intro tulisan anda dengan “<!—more ” tag. Pasti anda sudah sering membaca tulisan “Read More...”, “Baca selanjutnya...” dan yang lainnya. Pakai tag tersebut dalam posting anda. Intro tulisan anda ini punya fungsi untuk memudahkan pengunjung membaca artikel yang diinginkannya. Dengan sekilas isi artikel yang anda tulis di intro tulisan, pengunjung bisa tahu apa yang dibahas dalam artikel tersebut. Sehingga pengunjung lebih mudah mencari posting yang disukainya. Karena itu, dalam isi intro, sebaiknya anda singgung apa yang akan anda bahas dan apa manfaatnya buat pembaca. Sebaiknya buat intro yang tidak terlampau panjang. Maksimal tiga paragraf. Kenapa? Ya sekali lagi agar memudahkan pembaca memahami apa isi artikel anda. Juga agar ketika membaca melakukan scrol-down tidak terlalu panjang. Intinya, agar pembaca cepat menemukan artikel yang dicari. Seperti dalam blog saya, tak lebih dari tiga paragraf, setelah itu langsung dipasang “<!—more ” tag. Kegunaan lain dari penggunaan fungsi tersebut adalah untuk mempertinggi page view blog anda. Pembaca yang semula hanya sekali nge-klik, jadi dua kali mengklik.
  • Buat kesimpulan di akhir posting. Ada tipe pembaca yang ingin langsung mengetahui apa sebenarnya isi posting anda. Pembaca jenis ini biasanya langsung menuju ke akhir tulisan anda. Karena mereka biasa menemukan kesimpulan di akhir tulisan Akomodasi jenis pembaca ini dengan memberikan kesimpulan pada akhir posting anda. Sehingga mereka menemukan apa yang dicari. Ini akan membuat mereka senang dan berkunjung berulang-ulang ke blog anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar