Jumat, 05 November 2010

MEMBUAT NAMA BLOG

Berikut meruapakan langkah-langkah praktis untuk memudahkan anda memilih nama blog atau domain yang memikat dan disukai oleh pengunjung …

  • Pilihlah nama domain yang pendek. Cobalah untuk mulai mengumpulkan nama domain yang menurut anda menarik. Jangan langsung memutuskan nama domain yang tepat. Kumpulkan terlebih dahulu nama domain-nama domain tersebut. Setiap kali anda menemukan nama domain yang cocok di otak anda, tulislah di lembaran kertas. Anda pasti akan membutuhkannya nanti. Ingat, jangan membuat nama domain yang terlalu panjang. Usahakan nama domain anda tidak lebih dari 30 karakter (maksimal). Nama domain yang terlalu panjang akan sulit dingat. Tak percaya? Coba apakah anda bisa mengingat nama domain www.kapanbagaimanadimana.com setiap kali akan mengunjunginya?
  • Carilah nama domain yang mudah dibaca dan dipahami. Anda perlu tahu, nama domain yang sukar dibaca akan sulit diingat oleh pengunjung. Jadi, carilah nama domain yang mudah dibaca dan sering digunakan dalam bahasa sehari-hari. Begitu pula, jangan pernah memilih nama domain yang sulit dipahami. Jangan menggunakan bahasa-bahasa yang asing dan terlalu teknis untuk domain anda. Pengunjung bisa malas untuk mengingatnya. Contoh pasti tidak gampang mengingat nama domain www.xyzpqlz.com.
  • Gunakan bahasa target pembaca anda. Penting juga untuk mengingat target pembaca. Kalau target pembaca anda penduduk sedunia, maka baik menggunakan bahasa asing. Misalnya www.AffiliateOfTheMonth.com milik Ewen Chia. Sebaliknya kalau anda mengarahkan pada pembaca di negeri sendiri, pakai bahasa Indonesia saja.
  • Hubungkan dengan keywords yang anda pilih. Ya, ini penting. Pengunjung mungkin tidak akan membuka alamat blog anda jika blog tersebut tidak mencerminkan produk yang mereka inginkan. Jadi, untuk meyakinkan pengunjung, buatlah nama domain yang sesuai dengan keyword yang anda pilih. Jangan terlalu jauh keluar dari inti keywords itu. Dalam istilah teknisnya, nama domain yang mewakili produk sering dikenal dengan istilah brandable domain name.
  • Buatlah semenarik mungkin. Inilah alasan mengapa saya menganjurkan pada anda untuk menggunakan model Branding Domain Name. Dengan model seperti itu, anda berarti bebas untuk memilih nama domain yang menarik. Ya, cobalah untuk mencari nama domain yang memikat hati pengunjung. Bahkan jika perlu rangkailah kata untuk nama domain yang sekiranya semakin membuat pengunjung merasa ‘gatal’ jika tidak membuka nama domain anda tersebut.
  • Jangan mengulang kata yang sama. Usahakan jangan pernah mengulang kata yang sama dalam nama domain anda. Jika anda benar-benar tidak menemukannya, bukalah kamus. Upayakan nama domain anda tidak memiliki dua kata yang sama sekaligus agar tidak terkesan memboroskan kata.
  • Pastikan tidak ada dua domain dalam waktu yang sama. Jika anda ragu apakah nama domain anda sudah dimiliki oleh orang lain atau tidak, cobalah anda mengeceknya di http://whois.net. Situs web ini akan membantu anda untuk mengecek apakah nama domain anda sudah ada yang memiliki atau tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar